Benjolan di Belakang Telinga Pada Bayi, Bahaya atau Tidak?

Benjolan di Belakang Telinga Pada Bayi, Bahaya atau Tidak?

Berita Terbaru Setiap orangtua pastinya menginginkan anak yang tumbuh sehat dan juga cerdas. Tapi, tidak jarang pula para orangtua yang menemukan adanya benjolan-benjolan kecil seperti halnya biji kacang hijau yang ada dibagian telinga. Pastinya kondisi yang seperti ini menjadikan para orangtua khawatir dan juga panik. Apakah benjolan di belakag telingan tersebut membahayakan, atau tidak?

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Dr. Meta Hanindita, Spa, benjolan yang ada di belakang telinga atau pun kepala pada anak ini kemungkinan besar adalah kelenjar bening yang sedang aktif. Yang mana kelenjar getah bening tersebut berguna untuk memproduksi sel darah putih yang bermanfaat untuk melawan dan juga memerangi mikroorganisme yang bisa membahayakan bagi tubuh sih kecil.

Pembesaran kelenjar getah bening atau benjolan di telinga ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang salah satunya adalah adanya gangguan di bagian tubuh yang ada di sekitar telinga, sepetri rambut, leher, dan kepala. Biasanya kelenjar tersebut ada pada lipatan paha, leher, jantung, dan ketiak. Bila hal ini dibiarkan saja, pembesaran dan juga pembengkakan kelenjar getah bening ini sebab sebabkan masalah yang lebih serius lagi dan akan sangat membahayakan.

Benjolan di Belakang Telinga Pada Bayi, Bahaya atau Tidak?

Lalu, apakah benjolan di belakang telinga ini berbahaya?
Menurut Dr. Meta, apakah benjola di belakang telinga ini berbahaya dan juga bisa menghilang dengan sendrinya atau pun tidak adalah tergantung dari apa yang menyebabkan munculnya benjolan tersebut. Untuk benjolan yang biasanya disebabkan oleh beberapa gangguan organ lain, benjolan itu bisa saja hilang dengan sendirinya, bila gangguan penyebabnya sudah diatasi.

Akan tetapi, menurut Dr. Rini Purnamasari, SpA mengatakan bahwasannya pembesaran kelenjar getah bening ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus TBC, sedangkan kemungkinan untuk bisa membesar karena penyakit kanker kelenjar getah bening, itu hanya memiliki presentase yang kecil. Pada keadaan yang normal, kelenjar getah bening ini tidak akan teraba, akan tetapi apabila kelenjar getah bening ini sudah melampaui ukuran sekitar 1 cm, maka hal tersebut dicurigai akan berdampaka bagi kesehatan sih kecil. Bila Anda memang menemukan adanya benjolan di bagian belakang telinga atau pun pada tubuh sih kecil yang lainnya, ada baiknya segera Anda konsultasikan dengan dokter anak.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang benjolan di belakang telinga pada bayi yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *